Minggu, 02 Maret 2014

Proses Pembuatan Kandang Box Untuk DOT Ayam Kalkun

DOT hasil dari penetasan Bank Kalkun Maupun dari hasil kerjasama Zen Farm, kami masukan kekandang Box. Kandang Box ini terbuat dari Kayu, Triplek, Styrofoam Dan kawat Ram, Serta dalam Kandang Box ini dilengkapi dengan lampu sebagai penghangat, sekam padi sebagai alas, dan perlengkapan alat makan dan minum sesuai dengan kebutuhan.
Kandang Box yang kami buat berbentuk persegi panjang dengan ukuran Panjang 2OO CM, Lebar 60 CM dan Tinggi 90 CM dibagi menjadi dua bagian kemudian, Pada sisi bagian Kanan, Kiri, Belakang dan bawah kami tutup dengan menggunakan triplek kemudian dilapisi menggunakan styrofoam tujuan dilapisi dengan styrofoam adalah sebagai tambahan penghangat. Pada bagian atas di tutup dengan kawat Ram sebagai ventilasi udara dan Pada bagian depan di buat pintu yang bisa dibuka tutup sehingga bisa memudahkan dalam membersihkan kandang Box.

Bagian kanan, kiri, dan belakang ditutup dengan menggunakan triplek yang dilapisi dengan styrofoam 





Pada bagian depan (pada bagian kanan dan kiri) masing-masing dibuat pintu yang bisa di buka-tutup sehingga bisa memudahkan dalam membersihkan kandang Box.






Pada bagian bawah ditutup dengan triplek kemudian ditaburi sekam padi dengan tebal  ± 3 CM







 Dan pada bagian atas ditutup menggunakan papan kayu sebagai tempat untuk memasang lampu dan tempat makan/minum setelah itu ditutup lagi menggunakan kawat Ram sebagai ventilasi Udara.








Setelah kandang box siap DOT kalkun langsung dimasukan kedalam kandang, Untuk ukuran Box Seperti ini bisa menampung DOT sekitar 50 Ekor atau 25 ekor pada bagian kanan dan kiri.


Semoga bermanfaat.
"Salam Kalkuner Semoga kalkun semakin memasyarakat"

Posting By:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar